Cara Sederhana Pemijahan Untuk Budidaya Ikan Koi

Cara Budidaya Ikan Koi sebenarnya tidaklah terlalu sulit, terutama bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia perikanan terutama budidaya ikan air tawar. Jika dilihat dari harga bibit ikan koi yang mahal, tentu bisnis penjualan bibit ikan koi ini menjadi peluang yang menggiurkan untuk anda tekuni.

Namun masalahnya tidak semua orang bisa malakukan pembibitan ikan koi (pemijahan), bagi anda yang ingin mencoba terjun keduania usaha budidaya ikan koi terutama untuk pembibitan, bisa mempelajari cara budidaya ikan koi. Mungkin jika anda baru mau dan baru mencoba  pertama kali tentu masih bingung bagaimana cara memulainya.

Yang Pasti untuk anda yang ingin bisnis ikan koi, jika ada kemauan pasti akan bisa melakukannya yang penting mau mencoba, dibawah ini ada panduan bagi yang baru pertama kali (pemula) ingin menggeluti bisnis ikan koi terutama untuk pejualanan bibit.

Cara Sederhana Pemijahan Untuk Budidaya Ikan Koi

Untuk mendapatkan bibit tentu anda harus terlebih dahulu melakukan pemijahan agar bisa menghasilkan bibit koi yang berkualitas sesuai dengan yang diinginkan. Berikut panduanyang dibuat sederahan agar mudah untuk dipraktekan.

Ada Beberapa Tahapan Untuk Melakukan Budidaya Ikan Mas Koi Yang Perlu Dilakukan

1. Pemilihan Induk
Seleksi induk ini penting karena dapat berpengaruh pada kualitas budadaya Ikan Koi anda. Pilihlah induk Ikan Koi yang tidak cacat, sirip dan sisiknya lengkap, gerakannya seimbang dan tidak loyo. Untuk jantan carilah yang berumur minimal 2 tahun dan 3 tahun untuk betina. Carilah yang siap kawin, tandanya terdapat bintik putih pada sirip jantan.

2. Kolam Ikan Koi
Pembuatan kolam Ikan Koi sebaiknya dari semen yang diplester kemudian dikeringkan. Lengkapi dengan saringan pada pintu masuk supaya telur tidak hanyut keluar.

3. Proses Pemijahan
Proses pemijahan atau perkawinan Ikan Koi biasanya dilakukan pada tengah malam sehingga anda dapat memasukkan induk betina pada sore hari sekitar pukul 16.00. Induk betina akan berenang dengan diikuti induk jantan di belakang atau disamping. Induk betina akan mengeluarkan telur dengan sesekali meloncat ke udara. Kemudian induk jantan juga mengeluarkan cairan spermanya.

Telur-telur  betina yang terkena sperma akan menempel pada  kakaban, sedangkan sebagian jatuh ke dasar kolam. Pemijahan selesai pada pagi hari. Setelah pemijahan selesai, segera pisahkan induk dengan telurnya, anda dapat mengambil induknya dan menaruh pada perairan yang lain.

Sebelum telur di taruh dalam kolam penetasan, sebaiknya telur direndam dahulu dengan larutan Malachyt green dengan ukuran 1/300.000 selama 15 menit. Tujuannya supaya telur bebas dari jamur. Begitulah cara budidaya Ikan Koi yang bisa anda praktikkan untuk hoby dan bisa juga berwirausaha karena pangsa pasarnya cukup menjanjikan.

Seekor induk betina pasangkanlah dengan 2-3 induk jantan. Hal ini untuk mengantisipasi kegagalan pada saat reproduksi. Sediakan tanaman atau bahan apa saja di kolam gunanya untuk bertelur Ikan Koi karena ikan jenis ini biasanya menempelkan telurnya pada barang apapun yang ada di kolam. 

Pada umumnya, para pembudidaya ikan ini menggunakan kakaban yang terbuat dari ijuk yang dijepit dengan bilah bambu kemudian dipaku. Ikat kakaban supaya tidak berpencar ketika Ikan Koi memijah (kawin). Semakin hari peminat ikan mas koi makin bertambah guna untuk menjadi hiasan maupun sekedar hoby memelihara di kolam. 

0 comments

Post a Comment