Mengenal Hama Penyakit Yang Biasa Menyerang Pada Ikan Bawal

Budidaya ikan tentu tak selamanya mulus dengan hasil yang memuaskan, pasti ada kendala yang menjadi menurunnya produksi. kali ini agar lebih waspada terhadap kendala terutama hama penyakit ikan bawal, nah pada artikel kali ini akan men share tentang jenis hama penyakit yang biasa menyerang ikan bawal.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan ikan bawal air dapat terserang penyakit diantaranya adalah, lingkungan, kondisi ikan, bakteri patogen. Ketiga hal tersebut biasanya saling mempengaruhi satu dengan lainya. Misalkan saja kondisi lingkungan sedang tidak baik, maka membuat kondisi ikan menjadi kurang sehat, sehingga pada saat itu bakteri patogen akan mudah menyerang.

Mengenal Hama Penyakit Yang Biasa Menyerang Pada Ikan Bawal

untuk lebih jelas dan mengenal hama penyakit yang menyerang ikan bawal bisa baca ulasannya sebagai berikut:

Hama Penyakit Pada Ikan Bawal

1. Hama
Kehadiran hama dapat berasal dari luar maupun dari dalam, artinya hama tersebut sudah ada di dalam kolam. Beberapa hama yang sering menyerang ikan Bawal antara lain :

a. Notonecta
Nototecta di Jawa Barat  disebut bebeasan (beas = beras), karena bentuknya yang seperti beras. Hama ini memiliki 5 pasang kaki, 3 pasang kaki dibagian belakang digunakan untuk berenang, 2 pasang dibagian depan digunakan sebagai alat penyengat. Hama ini biasanya menyerang benih terutama yang berukuran kecil.
Binatang ini memiliki kemampuan untuk terbang ketika akan berpindah tempat. Oleh karena binatang ini dapat terbang, maka sampai saat ini pencegahan notonecta masih sulit dilakukan. Cara terbaik yang dilakukan yaitu mengurangi kandungan bahan organik di kolam dan membuang tanaman air jika ada.

b. Ucrit / Uceng
Larva Cybister, atau masyarakat lebih sering menyebutnya Ucrit / uceng.Ucrit memiliki badan seperti ulat, badannya kaku, tetapi dapat bergerak dengan cepat, tubuhnya agak berwarna kehijauan. Binatang ini memiliki alat penyengat dibagian ekornya. Cara penyerangannya dengan menjepit perut mangsa hingga robek.
Keberadaan ucrit dapat dicegah dengan mengurangi kandungan bahan organik di dalam kolam dan melakukan persiapan kolam yang baik. Adapun cara pemberantasannya dengan menggunakan insektisida dengan nama dagang yang disebut deciss dengan dosis 2 mg/liter.

c. Belut
Banyak ditemukan di persawahan, juga di pematang kolam. Binatang ini termasuk karnivora, makanan yang paling disukai adalah cacing. Binatang ini sering memangsa ikan terutama yang berukuran kecil.           
Binatang ini perlu diberantas dengan mengeringkan tanah kolam , kemudian lubang-lubangnya ditutup.
Selain hama diatas, ada beberapa hama lain diantaranya :

1)      Kini-kini / larva capung
2)      Kumbang air
3)      Kepiting
4)      Ikan dari jenis predator (lele, ikan gabus)
5)      Burung
6)      Argulus sp.
7)      Lernea
8)      Ular sawah

2. Penyakit

Beberapa penyakit yang sering menyerang ikan Bawal antara lain :

1)   Parasit

a.   Jamur
Penyakit jamur pada ikan Bawal disebabkan oleh jamur Sprolegnia sp. dan Achlya sp. Timbulnya penyakit jamur dapat disebabkan penanganan yang kurang baik.Seperti kurangnya pakan dan suhu air yang rendah. Penyakit jamur dapat dicegah dengan beberapa cara diantaranya dengan menjaga kualitas air agar tetap baik dan memberi pakan tambahan yang cukup. Apabila telah terjadi serangan, pengobatan dapat dilakukan dengan cara merendam ikan yang sakit dalam Malacyte Green (MG)1 mg/liter air selama 1 jam.

b. White Spot
Penyakit white spot pada ikan Bawal disebabkan oleh protozoaIchthyopthirius multifiliis. Protozoa ini yang memiliki bulu getar.Ikan yang terserang penyakit ini ditandai dengan adanya bintik-bintik putih pada permukaan tubuh sehingga bagian tersebut akan berwarna pucat. Tanda lainnya yaitu ikan sering menggosok-gosokan tubuhnya pada dasar dan dinding kolam, serta sering terlihat megap-megap. Usaha pencegahan terhadap penyakit bintik putih yaitu dengan menjaga kualitas air tetap optimal, dengan suhu air berkisar 28oC, dan menggunakan peralatan yang bersih.

2) Non Parasit

a. Bakteri
   Yang ternasuk bakteri diantaranya Aeromonas dan Pseudomonas sp.

b. Virus
Yang termasuk virus diantaranya KHV (Koi Herves Virus).

Semoga dengan ulasan pada artikel ini bisa membuat anda lebih mengenal hama penyakit apa saja yang biasa menyerang pada ikan bawal. Baca Juga: Budidaya Ikan Bawal Agar Cepat Besar dan Panen.

0 comments

Post a Comment